Liga KG
Beranda / Berita / Berita Detail

Optimisme Tinggi Tim LKG-SKF Indonesia

Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo bersama Direktur Maleber Olympic Centre Hadi Basalamah (tengah) dan Presiden Direktur SKF Indonesia Bono Rumbiono melepas tim Liga KG-SKF Indonesia di wisma Meleber, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (13/7). Tim LKG-SKF Indonesia akan berlaga di turnamen Piala Gothia di Swedia pada 17-23 Juli mendatang. Kompas/Gatot Widakdo (OTW) 13-07-2016

Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo bersama Direktur Maleber Olympic Centre Hadi Basalamah (tengah) dan Presiden Direktur SKF Indonesia Bono Rumbiono melepas tim Liga KG-SKF Indonesia di wisma Meleber, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (13/7). Tim LKG-SKF Indonesia akan berlaga di turnamen Piala Gothia di Swedia pada 17-23 Juli mendatang.
Kompas/Gatot Widakdo (OTW)

Cianjur, Kompas Setelah menjalani pemusatan latihan selama empat hari di Maleber Olympic Centre, Cianjur, Jawa Barat, tim Liga Kompas Gramedia (LKG)-SKF Indonesia akan berangkat ke Gothenburg, Swedia, Jumat (15/7). Optimisme menaungi tim, yang terdiri atas 18 pemain hasil seleksi LKG U-14 musim 2015-2016, dalam berkompetisi pada turnamen Piala Gothia kategori U-15 yang berlangsung 17-23 Juli mendatang.

Dalam acara pelepasan tim, Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo bersama Presiden Direktur SKF Indonesia Bono Rumbiona, dan Direktur Maleber Olympic Centre Hadi Basalamah ikut memberi suntikan semangat dan motivasi.

”Pendiri bangsa, Bung Karno, pernah berpesan, hanya para pemuda yang bisa mengguncang dunia. Kalian pemain muda, juga bisa mengguncang dunia lewat sepak bola. Kuncinya, semangat, berjuang keras, dan pantang menyerah,” kata Budiman.

LKG dan SKF mempunyai tradisi mengirim tim ke Piala Gothia. Selain mengejar prestasi, ajang ini juga memberi pengalaman serta bergaul dengan anak-anak dari negara lain. ”Tahun 2013, kita pernah meraih prestasi terbaik menembus babak final dan menjadi runner-up. Dari tim ini, juga terpilih satu pemainnya sebagai Pemain Terbaik Piala Gothia,” ujarnya.

Budiman berharap, tim kali ini membuat prestasi yang lebih baik dan menuntaskan obsesi juara tim LKG pada 2013. ”Yang lebih penting, selalu menjaga semangat sportivitas dan respek kepada teman, lawan, dan pemimpin pertandingan. Bermainlah dengan keceriaan dan sepenuh hati,” ujar Budiman.

Bono mengatakan, pihaknya sangat senang bisa terus bekerja sama dengan LKG. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk partisipasi perusahaan terhadap pembinaan pemain muda.

”Kami memiliki visi dan misi yang sama dengan Kompas. Kami ingin memberikan anak-anak pengalaman bermain di luar negeri dan bertemu dengan pemain seusianya dari belahan bumi lain. Semoga tim ini menikmati turnamen dan membawa prestasi membanggakan,” kata Bono.

Hadi Basalamah mengapresiasi LKG yang tetap berkomitmen menggelar kompetisi usia muda. ”Kami juga senang bisa berpartisipasi dengan menyediakan tempat untuk pemusatan latihan di Maleber Olympic Centre. Semoga ke depan kerja sama kita tetap berjalan dan kami siap untuk membantu,” kata Hadi.

Solid

Pada turnamen Piala Gothia, tim LKG-SKF Indonesia akan berlaga pada kategori U-15 dengan 222 tim peserta dari beberapa negara. Dari hasil undian, tim ini bergabung dalam Grup 34 bersama tiga tim dari Swedia dan satu tim dari Inggris. Dua tim terbaik grup akan maju ke fase gugur.

Pelatih tim LKG-SKF Indonesia, Saut Tobing, mengatakan, semua pemain sudah siap tampil. Selama empat hari pemusatan latihan, para pemainnya semakin kompak dan solid. ”Kondisi fisik dan stamina mereka sudah dipulihkan setelah sempat libur satu pekan selama Lebaran. Sekarang kami siap tampil dan berupaya memberikan hasil yang terbaik,” kata Saut.

Untuk pola permainan, Saut menyebut ada beberapa alternatif yang bisa dia pakai dengan materi pemain yang dimiliki saat ini. ”Saya lebih menyukai format 3-5-2 karena ingin mendorong mereka bermain agresif. Dari beberapa kali simulasi dan uji coba, hasilnya cukup bagus,” katanya.

Menurut Saut, timnya memiliki gambaran tentang turnamen Piala Gothia melalui rekaman video penampilan tim LKG-SKF pada turnamen Piala Gothia tahun-tahun sebelumnya. (OTW)

BERITA TERKAIT
Komentar
Berita Populer