Liga KG
Beranda / Berita / Berita Detail

Polri Mendukung Pembinaan Pemain Usia Muda

WhatsApp-Image-20160726JAKARTA, KOMPAS Setelah sukses menggelar turnamen sepak bola Piala Bhayangkara, Kepolisian Negara RI juga ingin mendukung pembinaan pemain usia muda. Hal itu diungkapkan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komisaris Jenderal Syafruddin saat menerima Komite Liga Kompas Gramedia U-14 di Jakarta.

”Tentu kami ingin mendukung pembinaan pemain usia muda karena masa depan tim nasional ke depan ada di tangan mereka. Sekarang ini banyak sekolah sepak bola yang berkembang dan Liga Kompas Gramedia cukup konsisten memberi wadah kompetisi,” kata Syafruddin.

Perwira tinggi bintang tiga yang pernah menjadi pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia ini juga antusias ketika menceritakan pengalamannya sebagai pengurus olahraga. ”Memang tidak mudah menjadi pembina olahraga. Diperlukan komitmen kuat dan kerja sama dengan beberapa pihak. Saya senang melihat ada beberapa perusahaan swasta yang terlibat dalam pembinaan, dan ini harus didukung,” tutur Syafruddin.

Untuk mendukung pembinaan pemain usia muda, Polri siap menjajaki kerja sama dengan Liga Kompas Gramedia. Salah satu dukungan nyata adalah menyediakan lapangan sepak bola Bhayangkara di depan Markas Besar Polri di Jalan Trunojoyo, Jakarta, untuk arena kompetisi LKG U-14 musim 2016-2017.

Menurut rencana, LKG Panasonic U-14 2016-2017 akan dimulai 7 Agustus 2016 sampai akhir Maret 2017. Pertandingan akan digelar setiap hari Minggu yang melibatkan 16 sekolah sepak bola dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Babak play off untuk mendapatkan lima tim promosi sudah dilangsungkan beberapa bulan lalu. Hasilnya, lima tim yang sudah meraih tiket ke babak utama adalah Pelita Jaya, Jakarta Football Academy, Ricky Yacobi, Buperta Cibubur, dan Jayakarta.

Hijrah dari Senayan

Pada musim lalu, Liga Kompas Gramedia Panasonic U-14 digelar di Lapangan C Senayan, Jakarta. Namun, dengan adanya proses renovasi untuk persiapan Asian Games, penyelenggaraan liga musim 2016-2017 akan dipindah ke lapangan Mabes Polri.

Pada tahun lalu, gelar juara liga direbut SSB ASIOP Apacinti. Tim juara LKG Panasonic U-14 ini pula yang akhir pekan lalu meraih hasil gemilang di Piala Gothia di Gothenburg, Swedia.

ASIOP tampil sebagai juara untuk kategori B15 (Boys 15). Selain meraih gelar juara, salah satu pemainnya, Egy Maulana, juga terpilih sebagai pemain terbaik turnamen.

Egy—yang pernah membela SSB Annisa Pratama pada Liga Kompas Gramedia musim 2014 dan menghuni tim nasional PSSI U-16—mencetak 28 gol dan beberapa kali menjadi inspirator kemenangan ASIOP.

Direktur Komunikasi Liga Kompas Gramedia Buyung Wijaya Kusuma menyambut positif dukungan Polri untuk pembinaan usia muda. ”Melalui Liga Kompas Gramedia, sebenarnya kami ingin menyebar virus semangat pembinaan sepak bola usia muda. Tentu kami senang jika akhirnya banyak pihak lain yang mau bergabung, bekerja sama atau mendukung,” tutur Buyung. (OTW)

BERITA TERKAIT
Komentar
Berita Populer