Liga KG
Beranda / Berita / Berita Detail

Abdul Rojak, Mantan Asisten Pelatih Terlama Persikabo yang Memegang Kendali Taktik Kabomania

Pelatih Kabomania, Abdul Rojak Samual, saat ditemui setelah pertandingan seru antara Kabomania dengan Asiop Apacinti di pekan ke-4 Liga Kompas Gramedia 2017/2018

Pelatih Kabomania, Abdul Rojak Samual, saat ditemui setelah pertandingan seru antara Kabomania dengan Asiop Apacinti di pekan ke-4 Liga Kompas Gramedia 2017/2018

Pada Liga Kompas Gramedia musim 2017/2018 kali ini, ada beberapa klub langganan yang namanya sudah cukup besar di kalangan pesepakbola muda. Salah satunya adalah Kabomania. Tim yang berdomisili di Bogor ini sudah mengikuti Liga Kompas Gramedia beberapa tahun terakhir, dan prestasinya bisa dibilang moncer. Pada kesempatan kali ini Tim LKG mewawancarai pelatih tim Kabomania pada Liga Kompas Gramedia musim 2017/2018 ini, yaitu Abdul Rojak.

 

Pelatih yang sudah lama menimba ilmu kepelatihannya di Persikabo ini mengaku baru melatih Kabomania di 1 tahun terakhir. “Saya masuk Kabomania sendiri belum ada 1 tahun, tepat saat menjelang LKG ini berjalan. Karena posisi saya sebenarnya adalah pengganti dari pelatih sebelumnya yang sertifikat pelatihnya belum keluar, jadi terpilih lah saya untuk di Kabomania”, ujarnya saat ditemui di GOR Ciracas setelah berhasil menahan imbang Asiop Apacinti pada pekan ke-5 Liga Kompas Gramedia 2017/2018.

 

Abdul Rojak Samual, nama lengkap yang ia sampaikan kepada tim LKG, merasa baru menemukan pola bermain yang paling tepat untuk anak-anaknya pada pekan ke-5 Liga Kompas Gramedia. Ia selalu belajar untuk mencari taktik terbaik step by step, minggu per minggu, karena setiap minggu dia selalu berharap ada progres dari penampilan Kabomania.

 

Pelatih yang berdarah Ambon-Sunda kelahiran 1959 ini memiliki kiprah panjang di Persikabo. Mulai menjadi pemain Persikabo pada tahun 1981 sampai 1990 sampai akhirnya ia belajar melatih di tahun 1991. Di tahun 1994 barulah ia mulai menjadi asisten pelatih tetap untuk Kabomania. Beberapa pelatih senior telah dibantunya, mulai dari asuhan Sultan, Indra Tohir sampai Iwan Setiawan sudah dicicipi Abdul Rojak sebagai asisten mereka. Ia berkata bahwa hal tersebut merupakan modal terbaiknya, “Saya sudah merasakan berbagai macam cara kepelatihan di Persikabo, sehingga saya mendapat banyak variasi cara melatih dari senior-senior saya itu”.

 

Ia mengaku presensi pemain saat latihan menjadi kendala terbesar Kabomania musim ini. Kehadiran pemain yang jarang lengkap pada jam latihan membuat pelatih harus lebih fleksibel dalam mengatur taktik. Beberapa pemain yang tadinya ia posisikan menjadi tim inti, bisa saja dirotasi menjadi tim cadangan, begitu pula sebaliknya. Sampai di pekan ke-6 ini, Kabomania menunjukkan permainan yang konsisten dengan tidak pernah kalah, 3 kali seri dan 3 kali menang.

BERITA TERKAIT
Komentar
Berita Populer