Liga KG
Beranda / Berita / Berita Detail

Pemain Laga Bintang Muda Berebut Masuk Timnas Yunior Indonesia

Dokumentasi timnas pelajar u-15

Para pemain seleksi timnas pelajar U-15 berfoto bersama saat pembukaan seleksi di Bandung, Jawa Barat, 14-18 Februari 2019

JAKARTA, KOMPAS — Lima pemain Liga Kompas Kacang Garuda U-14 yang termasuk ke dalam skuad Laga Bintang Muda akan mengikuti seleksi tim nasional yunior. Mereka berpartisipasi pada seleksi tim nasional pelajar U-15 dan U-16.

Kepala Pemandu Bakat Liga Kompas Kacang Garuda U-14 Hadi Rahmaddani mengatakan, total ada lima pemain yang mengikuti seleksi timnas pelajar U-15. Tiga nama diantaranya masuk dalam daftar pemain yang akan mengikuti Laga Bintang Muda, Minggu (18/3/2019) mendatang. Mereka adalah Fachrial Samudra (Benteng Muda IFA), Andriano Saputra (Salfas Soccer), dan Khansa Hardyan Saputra (Ragunan Soccer School).

Adapun dua pemain lain adalah Tabernacle Manurung (Jakarta Football Academy) dan Ade Khaerul Mulyana (Asiop Apacinti).

“Saat ini mereka sedang mengikuti seleksi tahap kedua di Bandung. Seleksi dimulai Senin (18/3/2019) ini,” kata Hadi saat dihubungi di Jakarta, Senin siang.

Hadi melanjutkan, ada dua pemain lain yang menyatakan keinginannya untuk mengikuti seleksi timnas U-16 asuhan Bima Sakti. Kedua pemain berasal dari sekolah sepak bola (SSB) Big Stars Babek FA.

Seleksi timnas U-16 akan dimulai Selasa (19/3/2019) besok hingga Senin (25/3/2019) mendatang di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

“Namanya belum kami dapatkan. Masih menunggu surat dari pihak tim,” kata Hadi.

Timnas U-16 akan mengikuti kompetisi Piala AFF U-16 2019 yang dihelat di Thailand, 26 Juli hingga 9 Agustus 2019. Indonesia tergabung di Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Singapura, dan Filipina.

Untuk mengantisipasi banyaknya pemain Liga Kompas Kacang Garuda U-14 yang dipanggil mengikuti seleksi di tempat lain, Hadi dan tim pemandu bakat telah menyiapkan daftar pemain potensial. Sebanyak 68 nama telah dikumpulkan untuk berpartisipasi dalam Laga Bintang Muda sekaligus seleksi Piala Gothia.

“Kalau masih banyak anak yang dipanggil dari daftar tersebut, kami akan mencari pemain lain dengan kualitas setara yang tidak masuk daftar pemain,” imbuh Hadi.

Pemandu Bakat Liga Kompas Kacang Garuda U-14 Asep Padian menambahkan, seleksi tahap kedua timnas pelajar U-15 berlangsung selama 10 hari. Pemain akan dipantau oleh tim pemandu bakat yang dipimpin mantan pemain tim nasional Firman Utina.

Dari seleksi tahap kedua akan dipilih 23 pemain. Mereka kemudian akan mengikuti seleksi tahap ketiga guna membela timnas pelajar U-15 pada kejuaraan Iber Cup 2019 di Estoril, Portugal.

Laga Bintang Muda merupakan pertandingan yang dilakukan tiap penghujung musim Liga Kompas. Laga itu mempertemukan 44 pemain terbaik pada musim tersebut yang dibagi dalam 2 tim. Pemain yang terpilih juga akan mengikuti seleksi untuk mewakili Indonesia pada ajang Piala Gothia di Gothenburg, Swedia, 14-20 Juli 2019 mendatang. (E08)

BERITA TERKAIT
Komentar
Berita Populer