Liga KG
Beranda / Berita / Berita Detail

Filanesia Menjadi Kunci Kemenangan

TANGERANG SELATAN, KOMPAS – Filosofi permainan sepak bola Indonesia atau filanesia mulai dapat diterapkan dengan baik pada pembinaan usia dini. Pada pekan kedua Liga Kompas Kacang Garuda U-14 musim 2019-2020 di Lapangan Sepak Bola Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangerang Selatan, Minggu (29/9/2019), klub-klub yang berhasil mengaplikasikan filanesia dengan baik mampu memperoleh kemenangan.

 

KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO

Gelandang SSB Pelita Jaya Muhammad Sahid Adam (kiri) berusaha menguasai bola dari hadangan bek SSB Villa 2000 Ferdiansyah pada pertandingan Liga Kompas Kacang Garuda U-14 musim 2019-2020 pekan kedua di Lapangan Sepak Bola Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangerang Selatan, Minggu (29/9/2019).

 

 

Filanesia dicetuskan PSSI dan diluncurkan  Direktur Teknik PSSI Danurwindo pada 2017. Filosofi ini menjadi gaya sepak bola khas Indonesia yang diterapkan mulai dari pembinaan usia dini di sekolah sepak bola. Selain mengandalkan teknik dan kecepatan, filosofi ini juga menuntut intelegensi dan karakter pemain.

 

Pelatih SSB Big Stars Babek FA Boni Safrudin Wijaya mengatakan, timnya berlatih dengan pola permainan filanesia yang mengandalkan formasi 4-3-3 sejak tahun lalu. ”Transisi menyerang dan bertahan menjadi hal penting. Bek kanan dan kiri menjadi pemain penting karena mereka tidak boleh terlambat bertahan setelah membantu serangan,” kata  Boni.

Menurut Boni, kekompakan dan kerja sama tim adalah kunci dari filanesia. Untuk mematangkan filosofi tersebut, anak asuhnya selalu berlatih setiap hari Selasa hingga Jumat.

 

 

Baca berita selengkapnya di : https://bebas.kompas.id/baca/utama/2019/09/30/untuk-cetak-filanesia-menjadi-kunci-kemenangan/

 

 

BERITA TERKAIT
Komentar
Berita Populer