Liga KG
Beranda / Berita / Berita Detail

Profil Alfin Esa Ahmad: Ambisi Alfin Menembus Dunia

Alfin Esa Ahmad, penyerang Buperta Cibubur, menyabet gelar pemain terbaik Liga Kompas Kacang Garuda bulan Desember 2019. Alfin berambisi menjuarai Piala Gothia, turnamen di Swedia yang disebut ”Piala Dunia usia dini”.

 

Oleh  YULVIANUS HARJONO

 

JAKARTA, KOMPAS — Satu kalimat mencengangkan keluar dari mulut Alfin Esa Ahmad (14), penyerang tim U-14 Sekolah Sepak Bola Buperta Cibubur, seusai menyabet gelar pemain terbaik Suzuki bulan Desember 2019 di Liga Kompas Kacang Garuda U-14, Minggu (5/1/2020).

Striker SSB Buperta Cibubur Alfin Esa Ahmad (kanan) saat menerima penghargaan yang diberikan pemandu bakat sekaligus legenda sepakbola nasional era 1980an Dede Sulaiman (kiri) di Liga Kompas Kacang Garuda U-14 di Lapangan Sepakbola GOR Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020). Alfin terpilih sebagai Pemain Terbaik Bulanan periode Bulan Desember 2019.
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO (RON)
05-01-2020

”Saya ingin menjadi pemain SKF (tim seleksi yang mewakili Liga Kompas U-14 di Piala Gothia, Swedia) dan meraih gelar juara di sana,” bunyi kalimat pertama Alfin, pemain andalan Buperta, di hadapan sejumlah jurnalis yang mewawancarainya seusai pemberian trofi pemain terbaik itu.

Sedikit berbeda dengan para pemain belia kebanyakan di Liga Kompas, Alfin tidak canggung memperlihatkan kepercayaan dirinya. Karakter yang juga terlihat di medan laga itu telah dipupuknya sejak dini. Salah satu pencetak gol tersubur di Liga Kompas musim 2019-2020 dengan koleksi 11 gol itu kerap mengikuti berbagai turnamen di dunia.

Striker SSB Buperta Cibubur Alfin Esa Ahmad bersama penghargaan yang diterimanya di Liga Kompas Kacang Garuda U-14 di Lapangan Sepakbola GOR Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020). Alfin terpilih sebagai Pemain Terbaik Bulanan periode Bulan Desember 2019.
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO (RON)
05-01-2020

Pada 2018, misalnya, Alfin turut membawa tim U-14 Sister City DKI Jakarta menjuarai turnamen Beijing Cup International School Football edisi ke-7 di China. Selain Buperta, Alfin juga rutin memperkuat tim U-14 DKI Jakarta di berbagai turnamen sister city di mancanegara. Thailand dan Jepang merupakan dua negara lain yang pernah disambanginya terkait sepak bola.

Juli 2019, ia dan timnya juga terbang ke Berlin, Jerman, untuk meladeni uji coba atau laga persahabatan kontra tim setempat, BFV Berlin. Sedikit berbeda dengan di Buperta, di tim DKI Jakarta, Alfin lebih sering bermain sebagai penyerang sayap kiri. Alfin memang tergolong striker modern yang tidak hanya punya insting tajam mencetak gol, tetapi juga teknik mumpuni dan pergerakan luas di lapangan.

 

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Striker SSB Buperta Cibubur Alfin Esa Ahmad (kanan) menerima penghargaan yang diberikan pemandu bakat sekaligus legenda sepak bola nasional era 1980-an Dede Sulaiman (kiri) di Liga Kompas Kacang Garuda U-14 di Lapangan GOR Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020). Alfin terpilih sebagai Pemain Terbaik Bulanan periode Desember 2019.

 

Menurut Hadi Rahmadani, Koordinator Tim Pemantau Bakat Liga Kompas, Alfin bahkan bisa bermain di posisi penyerang lubang atau gelandang serang. ”Ia memiliki daya jelajah tinggi. Bahkan, idealnya, dia bermain di belakang striker. Namun, karena timnya Buperta tidak punya striker ideal, ia kini bermain di posisi itu,” ujarnya mengenai Alfin.

Sayuti, ayah Alfin, bercerita, anak keduanya itu tertarik dengan sepak bola sejak usia enam tahun. Awalnya, Sayuti tidak memiliki ambisi muluk-muluk terkait ketertarikan Alfin dengan olahraga terpopuler sejagat itu. ”Yang terpenting, saat sekolah, anak-anak punya hobi lain, (seperti) di olahraga, agar terhindar dari pergaulan negatif. Kita tahu sendiri bahayanya pergaulan remaja saat ini, yaitu mulai dari merokok hingga narkoba,” tuturnya.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Aksi striker SSB Buperta Cibubur Alfin Esa Ahmad saat melawan SSB Bintang Ragunan di Liga Kompas Kacang Garuda U-14 di Lapangan GOR Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020). Alfin terpilih sebagai Pemain Terbaik Bulanan periode Desember 2019.

 

Mengikuti jejak Egy

Lambat laun, bakat Alfin berkembang pesat melampaui kakak tertuanya yang sempat menekuni sepak bola, tetapi kini telah berhenti. Guna mendukung hobinya, saat tamat SMP, Alfin akan didaftarkan di Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan. Alfin ingin mengikuti jejak Egy Maulana Vikri, alumnus SKO Ragunan yang juga pernah tampil di Liga Kompas dan menjadi juara di Piala Gothia, Swedia, bersama Asiop Apacinti pada 2016.

”Baik latihan maupun saat bertanding, ia (Alfin) sama-sama ngotot. Ia juga disiplin menjaga kondisi tubuhnya dengan tidak begadang malam hari, seperti teman-teman seusianya kebanyakan. Sepak bola memang telah menjadi pilihannya dan sebagai orangtua saya hanya bisa mendorongnya,” tutur Sayuti kemudian.

Striker SSB Buperta Cibubur Alfin Esa Ahmad sesaat menjelang berlaga bersama timnya melawan SSB Bintang Ragunan di Liga Kompas Kacang Garuda U-14 di Lapangan Sepakbola GOR Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020). Alfin terpilih sebagai Pemain Terbaik Bulanan periode Bulan Desember 2019.
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO (RON)
05-01-2020

Meskipun telah mengukir sejumlah prestasi bersama tim U-14 DKI Jakarta, Alfin tetap mawas diri. Target terdekatnya adalah lolos seleksi tim SKF Liga Kompas yang akan dipersiapkan tampil di Piala Gothia kategori Boys U-15, Juli 2020 mendatang. ”Saya terus berlatih rutin, hampir setiap hari, dan ingin memperbaiki penampilan,” ujar pemain kelahiran 10 Februari 2005 itu.

 

Sumber: Kompas.ID

BERITA TERKAIT
Komentar
Berita Populer