Liga KG
Beranda / Berita / Berita Detail

Bina Taruna Tumbang di Tangan Villa 2000

Strategi yang diterapkan Aven terbukti manjur. Pada menit ke-26, penyerang Villa 2000 berhasil mencuri bola dari penguasaan bek Bina Taruna.

 

Oleh  PRAYOGI DWI SULISTYO

 

JAKARTA, KOMPAS — Juara bertahan SSB Bina Taruna takluk dari SSB Villa 2000 dengan skor 1-3 pada pekan ke-18 Liga Kompas Kacang Garuda U-14 di lapangan GOR Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (19/1/2020). Villa 2000 berhasil mengontrol permainan sehingga Bina Taruna sulit mengembangkan permainan.

 

KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO

Penyerang Villa 2000, Erlangga Maula Syahputra (kiri), berusaha menggiring bola dengan dikawal ketat penyerang Bina Taruna, Azhar Febriyanto (kanan,) pada pertandingan Liga Kompas Kacang Garuda U-14 pekan ke-18 di lapangan GOR Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (19/1/2020). Villa 2000 berhasil mengalahkan Bina Taruna dengan skor 3-1.

Sejak menit awal babak pertama, pemain Villa 2000 terus menekan setiap pemain lawan yang membawa bola. Alhasil, para pemain Bina Taruna pun terlihat panik dan mudah melakukan kesalahan.

Pelatih Villa 2000 Aven Kristian mengaku, timnya sudah memperhatikan pola permainan Bina Taruna sejak putaran pertama yang selalu membangun serangan dari belakang. Karena itu, ia menginstruksikan pemainnya untuk selalu menekan lawan yang membawa bola.

”Biasanya anak akan panik ketika mendapat tekanan. Mereka akan kebingungan untuk mengambil keputusan seperti mau mengeksekusi bola secara langsung atau memberikan umpan pada kawan,” ujar Aven.

Strategi yang diterapkan Aven terbukti manjur. Pada menit ke-26, penyerang Villa 2000 berhasil mencuri bola dari penguasaan bek Bina Taruna. Alhasil, gelandang Muhammad Dafi’ul Haq membobol gawang Bina Taruna, yang dijaga kiper Akmal Jailani Pili, dengan mudah.

KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO

Gelandang Siaga Pratama, Rio Ferdinan (kanan), berusaha merebut bola dari penguasaan penyerang Salfas Soccer, Adam Malik (kiri), pada pertandingan Liga Kompas Kacang Garuda U-14 pekan ke-18 di lapangan GOR Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (19/1/2020). Siaga Pratama berhasil mengalahkan Salfas Soccer dengan skor 2-0.

Bina Taruna mencoba mengejar ketertinggalan dengan memasukkan beberapa pemain yang lebih segar. Villa 2000 juga melakukan hal yang sama untuk mengimbangi permainan Bina Taruna.

Ketika lini serang Bina Taruna berusaha mencari gol penyeimbang, lini pertahanan mereka justru kembali melakukan kesalahan dengan menyentuh bola di dalam kotak penalti. Bina Taruna kembali kebobolan lewat gol penalti yang dicetak penyerang Erlangga Maula Syahputra.

Pada awal babak kedua, Bina Taruna mencoba kembali mengejar ketertinggalan. Namun, Villa 2000 kembali mencetak gol lewat sontekan penyerang Muhammad Hansel Kurnia Putra pada menit ke-32.

Gol tersebut tidak membuat Bina Taruna menyerah. Mereka tetap berusaha menyerang. Alhasil, pada dua menit kemudian, penyerang M Faiz Fadlulloh berhasil membobol gawang Villa 2000 melalui sundulan.

Semangat pemain Bina Taruna pun akhirnya bertambah untuk menekan lawan. Namun, lini pertahanan Villa 2000 tampil disiplin sehingga sulit dilewati para penyerang Bina Taruna. Hingga peluit akhir, Bina Taruna gagal menambah gol.

Terlalu percaya diri

Pelatih Bina Taruna Dody Sahetapy mengaku kecewa dengan mental pemainnya yang terlalu percaya diri sebelum pertandingan. Secara peringkat, Bina Taruna berada di atas Villa 2000 yang masih berkutat di papan tengah. ”Mereka merasa menang sebelum bertanding, tetapi kepercayaan diri mereka tidak terlihat di lapangan,” ujar Dody.

Ia mengaku, para pemainnya mulai lengah karena mengalami kejenuhan sehingga mereka tidak maksimal saat latihan. Pada latihan berikutnya, Dody akan berusaha memperkuat mental pemain.

Para pemain Big Stars Babek FA (biru) bersalaman dengan pemain Tajimalela FA (oranye) sebelum pertandingan Liga Kompas Kacang Garuda U-14 pekan ke-18 di lapangan GOR Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (19/1/2020). Big Stars Babek berhasil mengalahkan Tajimalela dengan skor 2-0.

Pada pertandingan lainnya, SSB Siaga Pratama membuat persaingan di papan atas terus terjaga setelah berhasil mengalahkan SSB Salfas Soccer dengan skor 2-0. Adapun SSB Buperta Cibubur semakin kokoh di puncak klasemen setelah menumbangkan SSB Oneway Soccer School dengan skor telak 3-0.

Tim papan atas lainnya SSB Big Stars Babek FA berhasil menaklukkan perlawanan tim papan bawah SSB Tajimalela FA dengan skor 2-0. Kemenangan tersebut membuat Big Stars Babek mempertahankan rekor sebagai satu-satunya tim yang belum terkalahkan hingga saat ini.

 

Sumber: Kompas.ID

 

BERITA TERKAIT
Komentar
Berita Populer